Friday, September 14, 2012

KERUKUNAN ANTAR UMAT BERAGAMA


MAKALAH KERUKUNAN ANTAR UMAT BERAGAMA
BAB I
PENDAHULUAN

1.1 LATAR BELAKANG

Islam adalah agama yang damai serta menjunjung tinggi perbedaan dan nilai toleransi. Karena itu seluruh umat Islam diharapkan agar dapat menerapkan toleransi serta membangun kebersamaan antar umat manusia, bukan hanya terhadap sesama umat Islam saja, tetapi juga umat agama lain. Umat Islam juga harus lebih memahami solidaritas baik dalam lingkup agama maupun dalam lingkungan yang lebih luas. Serta mampu memikirkan solusi terhadap masalah yang menyangkut masyarakat luas.
Agama islam yang sekarang dikenal oleh beberapa bangsa sebagai agama teroris dan tidak berperikemanusiaan, merupakan sebuah halangan dalam mewujudkan nilai kerukunan dalam suatu negara maupun antar negara lain. Maka dari itu, kesadaran dari diri sendiri sebagai seorang muslim dan muslimah yang tidak membeda- bedakan atau merendahkan agama lain perlu ditingkatkan dan disyiarkan agar komunitas aman dan tentram yang dicita-citakan terwujud.
           
             1.2 TUJUAN
                         Dapat menerapkan kerukunan di kehidupan sehari – hari pada sesama muslim maupun mereka yang beragama dan berkeyakinan lain.

1.3 RUMUSAN MASALAH
1.      Apakah pengertian Islam Agama Rahmat bagi seluruh alam?
2.      Apakah yang dimaksud kerukunan antar umat beragama?
3.      Bagaimana konsep kerukunan umat beragama dalam agama Islam?

No comments:

Post a Comment